Rakuten Sambut Siswa Jakarta Japanese School
JAKARTA - Perusahaan e-commerce asal Jepang, Rakuten,
melakukan kegiatan guna menginspirasi kaum muda tentang bagaimana
industri internet memberikan banyak kesempatan untuk berkembang.
Mengundang beberapa siswa dari Jakarta Japanese School, salah satu kegiatan yang merupakan bagian dari corporate social responsibility (CSR) dari Rakuten ini mengajarkan siswa tentang alur kerja e-commerce tentang situs belanja online rakuten.co.id.
Perusahaan ini terjun dalam jenis
industri di mana pembelian dan penjualan produk atau jasa, dilakukan
melalui sistem elektronik seperti internet dan jaringan komputer
lainnya. Electronic commerce mengacu pada teknologi seperti mobile commerce,
transfer dana elektronik, manajemen rantai suplai, pemasaran internet,
proses transaksi online, pertukaran data elektronik, manajemen sistem
persediaan, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Kegiatan ini menjelaskan seperti apa
peluang dalam industri internet itu, bagaimana mengelolanya, dan trik di
dalamnya. Dengan meningkatnya teknologi internet di indonesia serta
semakin besar penggunanya, program CSR dari rakuten ini bertujuan untuk meningkatkan pola pikir kaum muda dalam memanfaatkan industri internet.
"Rakuten melakukan kegiatan ini, guna meningkatkan life experience bagi para siswa," ungkap, Rio Inaba, President Director dan CEO Rakuten kepada Okezone di Jakarta, Kamis (31/1/2013).
Tantangan terbesar sebetulnya ada pada
koneksi internet di Indonesia. Dengan terbatasnya tingkat koneksi pada
beberapa daerah, membuat beberapa perusahaan yang menggunakan internet
sebagai tulang punggung perusahaannya, perlu memikirkan solusi. Rakuten
sendiri mengakalinya dengan meringankan bandwidth situs miliknya agar
koneksi yang lamban sekalipun, situs ini masih dapat dibuka dengan
lancar.
Mencari profit memang sebuah tujuan akan tetapi kegiatan ini merupakan salah satu tujuan lain bagi rakuten untuk memberdayakan kaum muda Indonesia. Mengusung tagline
Shopping is Entertaintment, perusahaan e-commerce ini ingin membuat
pengakses situsnya tidak bosan dengan tampilan situs yang biasa saja.
Sehingga, mereka melancarkan strategi yang salah satunya ialah
menghadirkan banyak event terbaru.
"Ternyata bisnis online itu cukup rumit dan mengasyikkan. Banyak hal yang bisa saya serap dari kegiatan ini. Kedepannya saya ingin sekali mempunyai usaha online seperti Rakuten," papar Suki Yokata, siswa Jakarta Japanese School.
Ref: http://j.gs/1f6n
|
0 komentar for this post
Leave a reply