Rakuten Sambut Siswa Jakarta Japanese School

By Muhammad Fathoni Jumat, 01 Februari 2013 0 comments


 







JAKARTA - Perusahaan e-commerce asal Jepang, Rakuten, melakukan kegiatan guna menginspirasi kaum muda tentang bagaimana industri internet memberikan banyak kesempatan untuk berkembang. Mengundang beberapa siswa dari Jakarta Japanese School, salah satu kegiatan yang merupakan bagian dari corporate social responsibility (CSR) dari Rakuten ini mengajarkan siswa tentang alur kerja e-commerce tentang situs belanja online rakuten.co.id.
Perusahaan ini terjun dalam jenis industri di mana pembelian dan penjualan produk atau jasa, dilakukan melalui sistem elektronik seperti internet dan jaringan komputer lainnya. Electronic commerce mengacu pada teknologi seperti mobile commerce, transfer dana elektronik, manajemen rantai suplai, pemasaran internet, proses transaksi online, pertukaran data elektronik, manajemen sistem persediaan, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Kegiatan ini menjelaskan seperti apa peluang dalam industri internet itu, bagaimana mengelolanya, dan trik di dalamnya. Dengan meningkatnya teknologi internet di indonesia serta semakin besar penggunanya, program CSR dari rakuten ini bertujuan untuk meningkatkan pola pikir kaum muda dalam memanfaatkan industri internet.
"Rakuten melakukan kegiatan ini, guna meningkatkan life experience bagi para siswa," ungkap, Rio Inaba, President Director dan CEO Rakuten kepada Okezone di Jakarta, Kamis (31/1/2013).
Tantangan terbesar sebetulnya ada pada koneksi internet di Indonesia. Dengan terbatasnya tingkat koneksi pada beberapa daerah, membuat beberapa perusahaan yang menggunakan internet sebagai tulang punggung perusahaannya, perlu memikirkan solusi. Rakuten sendiri mengakalinya dengan meringankan bandwidth situs miliknya agar koneksi yang lamban sekalipun, situs ini masih dapat dibuka dengan lancar.
Mencari profit memang sebuah tujuan akan tetapi kegiatan ini merupakan salah satu tujuan lain bagi rakuten untuk memberdayakan kaum muda Indonesia. Mengusung tagline Shopping is Entertaintment, perusahaan e-commerce ini ingin membuat pengakses situsnya tidak bosan dengan tampilan situs yang biasa saja. Sehingga, mereka melancarkan strategi yang salah satunya ialah menghadirkan banyak event terbaru.
"Ternyata bisnis online itu cukup rumit dan mengasyikkan. Banyak hal yang bisa saya serap dari kegiatan ini. Kedepannya saya ingin sekali mempunyai usaha online seperti Rakuten," papar Suki Yokata, siswa Jakarta Japanese School.

Sharing is sexy

Related posts

0 komentar for this post

Leave a reply